Thursday, June 18, 2015

Pengalaman Membuat Ikamet untuk Keluarga di Konya

Assalammu'alaikuum Wr.Wb..

Halo Sahabat semua, kali ini saya mau sharing pengalaman mengurus izin tinggal (bahasa Turki-nya Ikamet) di Konya yang pernah kami lakukan pada bulan Agustus 2014. Sebenarnya, saya tidak ikut mengurus secara detil, hanya suami dan seorang sahabat di Konya (yang kebetulan dia juga seorang mahasiswa yang sudah jago berbahasa Turki-nya) yang mengurus persyaratan Ikamet ini. Saya sendiri ikut mengurus pengajuan izin tinggal hanya saat diakhir, yaitu sewaktu foto diri dan penyerahan berkas di Kantor Polisi.

FYI, setiap daerah/propinsi di Turki bisa jadi berbeda ketentuannya, maka dari itu ada baiknya menanyakan info tentang Ikamet ini langsung di Kantor Polisi atau stakeholder terkait di daerah tujuan masing-masing di Turki. Tulisan saya ini bisa dijadikan informasi pendukung atau perkiraan bagi Sahabat semua disamping info utama tersebut.

***

Untuk membuat Ikamet, kita harus datang ke kantor Emniyet (kantor polisi) yang berwenang mengeluarkan Ikamet. Jika menggunakan kendaraan umum, kantor emniyet dapat dijangkau dengan bus nomer 8, 9, 11, dan 12 turun di Tapu Kadastro. Kantor Emniyet sendiri buka setiap hari kerja, yaitu mulai jam 8 pagi - 5 sore dengan melayani 30 pemohon, sesuai nomer antrian (300 s.d. 329). Namun, pada kenyataannya beberapa pemohon mengambil tidak hanya satu nomer antrian pada anjungan (karena tidak ada kontrol), sehingga sepertinya yang dilayani sehari tidaklah tepat 30 orang.


Pertama kali saya datang ke kantor Emniyet, jam di kantor Emniyet menunjukkan pukul 10 pagi. Pada waktu itu anjungan sudah mengeluarkan 30 nomer antrian, sehingga tidak mau mengeluarkan nomer antrian lagi. Sementara pak Polisi hanya mau melayani orang yang memiliki nomer antrian. Rupanya saya harus datang lebih pagi agar bisa mendapat nomer antrian. Hari berikutnya sampai di kantor Emniyet pukul 08.15, dan saya mendapatkan nomer antrian 17. Lalu kami bertanya ke teman yang dapat nomer antrian kedua, dia bilang sudah datang di kantor Emniyet pukul 07.30 pagi. 

Sebagai catatan: datanglah pagi-pagi untuk antri di depan pintu (yang dibuka pukul 08.00), agar bisa memperoleh nomer antrian lebih awal. Karena masih menanyakan syarat-syarat, istri dan anak saya tidak datang langsung ke emniyet, cukup saya bisa mewakili untuk menanyakan syarat-syarat.

Berdasarkan form yang saya terima dari Pak Polisi di Konya, berikut syarat-syarat pembuatan ikamet baru untuk keluarga:

  • Toplam geliri asgari ücretten (846tl) az alamak üzere, ailedeki fert başına asgari üçretin üçten biri (282tl)den az olmayan aylık gelir belgesi örneğin: 3 kişilik bir aile 846 tl 4 kişilik bir aile 1.128 Tl (destekleyiciden). Siapkan surat yang berisi keterangan menerima penghasilan paling sedikit 846 TL per bulan. Asumsinya tiap individu dalam keluarga hitungannya 282 TL. Jadi keluarga dengan 3 anggota (ayah, ibu, 1 anak) 846 TL, atau 4 anggota 1.128 TL. Untuk syarat ini saya memakai Burs Belgesi (Scholarship Certificate) dari YTB, di dalamnya ada keterangan beasiswa yang saya terima setiap bulan. Pada kasus lain, teman saya yang sedang memproses ikamet untuk studi diberikan alternatif, bisa memberikan keterangan menerima beasiswa/penghasilan sebesar 846 TL atau print tabungan dengan di dalamnya terdapat saldo uang sebesar 846 TL x 12 bulan= 10.152 TL. 
  • Tüm aile fertlerini kapsayan sağlık sigortası yaptırmış olmak. (a) SGK’dan Sağlık Sigortalı olduğunu veya başvurusu olduğunu belgelemek. (b) Ayaktan veya yatan tedavi giderleri ile ve tıbbi malzeme gidelerini karşılayan bir yıl süreli özel sağlık sigortası yaptı belgelemek. Beasiswa dari YTB hanya menanggung asuransi untuk penerima beasiswa, belum termasuk bagi keluarganya.Untuk melengkapi syarat ini saya telah menanyakan ke SGK, karena asuransi yang diberikan oleh YTB adalah asuransi dari SGK. Dari pihak SGK mengatakan kalo ingin asuransi untuk keluarga dengan SGK, biaya yang harus dikeluarkan tiap bulan adalah 270 TL setiap bulan. Asuransi ini telah mencakup ayah, ibu dan anak. Karena asuransi SGK tak terjangkau oleh kantong mahasiswa YTB, maka saya mencari-cari asuransi swasta. Pertama melalui web konyasigor**.com saya memperoleh tawaran asuransi untuk orang usia 26 tahun (istri) di harga 600 – 900 TL setahun, dan untuk balita 2 tahun (anak) di harga 300 – 500 TL setahun (beda usia beda harga asuransi). Kedua, mencoba nanya-nanya langsung ke kantor asuransi. Di depan Belediye ada kantor asuransi yang menawarkan asuransi untuk istri di harga 1.050 TL setahun, dan untuk anak 1.100 TL setahun. Dari kantor asuransi ini saya bergerak mencari info lagi ke Sigorta Center. Di tempat ini petugasnya mencarikan asuransi yang paling murah (yang tetap sesuai dengan syarat emniyet). Mereka menawarkan asuransi untuk istri di harga 700, dan untuk anak di harga 575 setahun. Untuk membuat asuransi ternyata perlu potensial vergi numarası yang dikeluarkan oleh Belediye. Untuk membuat ini, kami diantar dari sigorta center ke belediye oleh si petugas asuransi. (baik ya petugas asuransinya, maklum mereka lagi butuh client).
  • Başvuru tarihi itibarıyla, beş yıl içinde aile düzenine karşı suçlardan herhangi birinden hüküm giymemiş olduğunu adli sicil kaydı ile belgelemek (destekleyiciden). Persyaratan ini semacam surat keterangan kelakuan baik. Untuk memenuhi syarat ini, saya datang ke Adliye di komplek gedung pemerintahan baru bernama Adalet Sarayı. Di komplek ini tempat pengambilan adli sicil kaydı di Blok B. Karena gedung baru, petugas baru dan belum banyak yang dilayani, begitu kami datang petugasnya melayani dengan ramah dan hanya butuh waktu 10 menit untuk memperoleh adli sicil kaydı di tempat ini.
  • Türkiye’de en az bir yıldır ikamet izniyle kalıyor olmak (yabancı destekleyiden). Ada syarat yang mengajukan ikamet harus sudah tinggal di Turki minimal satu tahun. Saya tidak memenuhi syarat ini, karena waktu mengajukan ikamet untuk keluarga, saya baru 10 bulan di Turki. Karena tidak memenuhi syarat ini, maka ijin tinggal yang diberikan kepada istri dan anak saya sesuai dengan masa berlaku ikamet saya (Juni 2015) atau hanya 10 bulan, dan bisa diperpanjang.
  • Yabancı evlilik cüzdanlarının noterden tercümesi. Siapkan terjemahan buku nikah yang telah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah dan dilegalisasi notaris. Biaya penerjemahan ini lumayan gede juga.
  • Yabancı çocuğu varsa doğum belğesinin tercümesi. Jika ada anak yang butuh untuk dibuatkan Ikamet, siapkan terjemahan akta kelahiran anak yang telah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah dan dilegalisasi notaris.
  • Yabancıların pasaport yer alan kimlik bilgileri, vize ve giriş mühürü olan sayfaların fotokopile. Siapkan fotokopi paspor di halaman yang ada keterangan dan foto pemilik, serta halaman visa dan cap masuk ke Turki.
  • Konya defterdarlığı muhasebe müdürlügünden (4.katta) 50 TL kart ücretti yatırdı makbuzu. Membayar 50 TL di Konya defterdarlığı muhasebe müdürlügü (lantai 4) untuk buku ikamet.
  • Konya defterdarlığı Alaaddin vergi dairesine (giris kat) 163 TL ikamet harcı makbuzu. Membayar 163 TL di Alaaddin vergi dairesi (lantai masuk) untuk catatan sipil.
  • Şube müdürlüğümüz tarafından verilen müracaat formunun doldurulması. Mengisi form yang disediakan oleh emniyet.
  • 4 fotograf. Menyerahkan empat pasfoto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 4 buah.

***

Setelah persyaratan semua telah dilengkapi, kami sekeluarga mendatangi Kantor Polisi untuk mengajukan Ikamet. Setelah sampai, kami langsung mengambil nomor antrian dan menunggu untuk dipanggil sesuai nomor antrian tersebut. Di sana kami menjumpai banyak sekali orang asing baik yang datang  perseorangan maupun yang membawa keluarga. Mereka juga sama-sama sedang mengurus pengajuan izin tinggal :). Mayoritas orang-orang asing tersebut berbahasa arab yang kemungkinan dari Suriah atau Irak. Namun, ada pula orang-orang berkulit hitam dari Afrika, tetapi jumlahnya lebih sedikit.

Setelah nomor antrian kami dipanggil, kami masuk ke dalam ruangan kecil dengan seorang petugas dan sebuah meja. Kami (saya, suami, anak, dan seorang sahabat kami) duduk lalu menyodorkan seluruh kelengkapan berkas. Petugas tersebut berbicara dengan bahasa Turki dan tidak bisa berbahasa Inggris, maka ada baiknya mengajak teman yang cakap berbahasa Turki. Setelah selesai, saya dan suami menandatangani surat lalu diminta untuk ke gedung berbeda tapi masih dalam kompleks kantor polisi, untuk scan sidik jari dan foto badan.

Setelah selesai scan dan foto, kami kembali ke gedung utama dan memberikan tanda bukti dari petugas yang memfoto dan men-scan (berupa kertas bertanda tangan dari petugas) untuk diberikan ke petugas pertama. Selesailah urusan kami di Kantor Polisi pada hari itu. Setelahnya, kami tinggal menunggu kartu Ikamet kami dikirim ke rumah melalui pos yang datang 90 hari (paling lambat) setelahnya.

***

Sekian
Semoga Bermanfaat



Ikamet punya Aisya - Tampak Depan



Ikamet punya Aisya - Tampak Belakang


Wassalammu'alaikuum...

No comments:

Post a Comment